2 Cara Memulai Bisnis Startup Dari Nol Hingga Sukses

Seiring berkembangnya teknologi dan internet, kian memunculkan trend baru di masyarakat. Salah satunya termasuk dalam bidang usaha atau enterpreneurship. Ada istilah tersendiri bagi mereka yang ingin memulai usaha, yakni startup. Startup sendiri sebenarnya adalah sebutan untuk usaha yang baru dimulai atau dirintis. Sebutan startup sendiri kian populer dengan kehadiran beberapa media sosial yang mendukung. Media sosial seringkali menjadi wadah jitu sebagai cara memulai bisnis startup. Banyak yang membangun bisnis berbasis online dan mampu melirik pangsa pasar yang luas. Membangun startup sebenarnya sama halnya dengan Anda bertani, dimana Anda tengah menanam benih. Benih tersebut nantinya butuh dipupuk, dirawat agar mampu tumbuh besar dan dipanen pada waktu yang tepat.

Banyak motivator bisnis yang tak sungkan menumbuhkan minat wirausaha muda. Saran yang disampaikan seringkali memotivasi pengusaha muda untuk mulai membangun startup sendiri. Tetapi tak jarang ada pertanyaan tersendiri yang dilontarkan oleh pemula seperti ini. Pertanyaan paling umum yang dilontarkan adalah bagaimana cara memulai bisnis startup dari nol? Mungkinkah bisnis startup tersebut dapat berkembang dan sukses layaknya bisnis yang ada? Sebenarnya semua ini tergantung pada kerja keras dan kesungguhan Anda membangun sebuah bisnis. Apakah Anda jeli membaca pangsa pasar atau malah sebaliknya.

Tahapan dan Cara Memulai Bisnis Startup

Ada beberapa tahapan yang bisa Anda tiru sebagai cara memulai bisnis startup untuk sukses.

  • Ide bisnis yang jelas

Semua pemula akan bingung menetapkan ide bisnis ketika pertama kali memulai. Seringkali mereka bingung harus memilih ide mana yang akan direalisasikan. Sebenarnya tak sulit untuk menentukan ide bisnis semacam ini. Cukup perhatikan sekitar Anda dan temukan masalah yang seringkali Anda dan orang-orang sekitar alami. Dari sini, Anda bisa menemukan solusi yang kemudian dijadikan sebagai ide bisnis. Sebaiknya ide bisnis tersebut juga sesuai dengan passion Anda. Menjalankan bisnis yang sesuai dengan passion akan menghindarkan Anda dari rasa jenuh dan lelah. Passion akan memberikan kesenangan tersendiri ketika dilakukan, sebab Anda tak merasa dibebani sedikitpun. Sebagai contoh, Anda yang memiliki passion di bidang teknologi dapat memilih bisnis di bidang serupa.

  • Buatlah rencana bisnis

Rencana bisnis akan membantu Anda menjalankan bisnis yang tengah digeluti. Tak perlu terlalu muluk, cukup buat perencanaan sederhana dengan jangka waktu yang tepat. Sebaiknya setiap perencanaan tersebut dilakukan pada waktu yang sesuai agar tidak merugi. Anda pun tak perlu terlalu terpaku pada konsep, sebab hanya akan menghambat kemajuan bisnis. Usaha tak akan bergerak maju bahkan hanya diam di tempat, jika terpaku pada konsep. Tetapkan pula strategi bisnis yang sederhana untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Dengan begini, Anda tak perlu terlalu bingung untuk merealisasikan cara memulai bisnis startup.